Manado (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara dan jajaran telah meluncurkan program "Area Bersih Narkoba (Bersinar)" dalam mendukung upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di daerah itu.
" Area Bersinar ini adalah penjabaran dari instruksi program Desa Bersinar atau Kelurahan Bersinar," kata Kepala BNNP Sulut Brigjen Pol VJ Lasut usai Bimbingan Teknis Penggiat P4GN Lingkungan Pendidikan, di Manado, Rabu.
Ia mengatakan kalau Desa Bersinar dan Kelurahan Bersinar adalah umum, sementara Area Bersinar adalah secara khusus.
Area Bersinar tersebut dilaksanakan di sekolah-sekolah, universitas ataupun tempat-tempat berkumpulnya massa dibentuklah area tersebut.
"Dengan kehadiran Area Bersinar itu, yang ada di tempat tersebut bersama-sama dengan BNN melaksanakan P4GN," katanya.
Sementara itu di hadapan peserta Bimbingan Teknis Penggiat P4GN Lingkungan Pendidikan, Lasut mengatakan, saat ini sedang menggodok Area Bersinar di beberapa tempat seperti Lapas Bersinar kemudian di sejumlah sekolah antara lain  SMK 1 dan SMA 1 menjadi Sekolah Bersinar.
"Serta Unsrat Bersinar yang dimulai dari fakultas-fakultas pada perguruan tinggi tersebut," katanya.
Ia menambahkan, diharapkan dari peserta Bimbingan Teknis P4GN lingkungan pendidikan ini,  dapat mengusulkan kepada BNN untuk menjadi Area Bersinar.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024