Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menargetkan penggunaan 1.300 dosis vaksin COVID-19 pada pelaksanaan Serbuan Vaksinasi bagi masyarakat maritim di Kepulauan Talise, Sulawesi Utara, 13-15 September 2021.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya saat memantau kegiatan tersebut, di Talise, Selasa, mengatakan vaksinasi ini dilaksanakan masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 TNI AL.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut di Kepulauan Talise dan terpusat di Desa Talise yaitu Desa Kampung Bahari Nusantara TNI AL," katanya.

Ia mengatakan vaksinasi tersebut diprioritaskan untuk para pelajar yang dalam waktu dekat akan melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Untuk anak-anak yang akan melaksanakan tatap muka harus kita dukung secepatnya untuk vaksinasi," katanya.

Ia menambahkan target vaksinasi selama tiga hari berturut-turut untuk masyarakat di kepulauan baik dosis pertama maupun kedua sebanyak 1.300 dosis.

Tujuan dari vaksinasi di kepulauan adalah untuk memberikan kekebalan komunal masyarakat maritim dari penularan virus corona baru itu.

"Sengaja kita prioritaskan di pesisir karena posisinya terpencil, sehingga mereka harus memiliki kekebalan secara individu maupun kelompok dan prioritas untuk anak-anak sekolah," kata dia.

Ia juga meminta masyarakat Kepulauan Talise secepatnya melaksanakan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua.

Serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang dilakukan Lantamal VIII kali ini menurunkan tiga dokter dan puluhan tenaga kesehatan serta vaksinator dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII dan Puskesmas Mubune Likupang.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024