Sangihe, Sulut. (ANTARA) - Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara dinyatakan sebagai pemenang pertama Award Tol Laut untuk kategori muatan balik terbanyak tahun 2020/2021 dari tiga  nominator yakni  Kabupaten Talaud, Sangihe serta Nunukan.

"Penghargaan Award Tol Laut 2021 diserahkan oleh Staf khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Mayjen TNI Purnawirawan Buyung Lalana dan diterima  Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana,  Selasa(14/9) bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta," kata Kabag Protokol Pemerintah Kabupaten Sangihe, Treenov Pontoh, Selasa.

Menurut dia, penghargaan yang diterima  Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan yang ketiga kalinya, sebelumnya tahun 2018 dan 2019 serta tahun 2020/2021.

"Penghargaan diserahkan dalam acara Rakornas Tol Laut dengan tema 'Dukungan penyelenggaraan tol laut dalam mewujudkan konektivitas logistik untuk pacu ekonomi menuju Indonesia tangguh Indonesia tumbuh' di Yogyakarta," kata dia.

Dia mengatakan, sebagai kepala daerah yang memperoleh pemenang pertama Award Tol Laut, Bupati Sangihe diberi penghargaan untuk menyampaikan sambutan.

Menurut Bupati Jabes Gaghana, sejak  tanggal 17 Mei 2016 hingga saat ini, angkutan Tol Laut tetap terlaksana sehingga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Sejak hadirnya Tol Laut banyak manfaat yang di rasakan masyarakat diantaranya harga yang bisa dijangkau masyarakat karena lebih murah," kata Bupati.

Mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sangihe, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Kementerian terkait yang telah berperan sehingga program Tol Laut bisa menjangkau Kabupaten Sangihe sebagai wilayah kepulauan yang ada di perbatasan.

Selain Bupati Sangihe, penghargaan juga diterima oleh Bupati Halmahera Utara, Direktur Utama PT. Pelayanan Nasional Indonesia (Persero), Direktur utama PT. Djakarta lioyd (Persero) dan Kepala unit penyelenggara pelabuhan kelas 3 Namrole.

Pada acara penerimaan penghargaan tersebut, Bupati Sangihe didampingi oleh Ketua TP-PKK Hermin Ririswati Gaghana  Katamsi, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan & perindustrian daerah Ferrawati M. Massoraserta Kabag Prokopi Setda Threenov T. Ponto.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024