Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII mengadakan kegiatan bakti sosial  membagikan paket sembako kepada lanjut usia, anak yatim-piatu dan masyarakat nelayan yang terdampak PPKM,  di Pantai Batu Putih, Bitung, Sulawesi Utara, Selasa.

Komandan Lantamal  (Danlantamal) VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya,  mengatakan bakti sosial  tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-76 TNI AL. 

"Paket sembako yang diberikan ini semoga bermanfaat untuk masyarakat Batu Putih," katanya.

Selain pembagian paket sembako, juga  digelar serbuan vaksinasi masyarakat maritim dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat vaksinasi dan melaksanakan instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono  untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Berkaitan dengan kegiatan vaksinasi, Danlantamal VIII mengimbau kepada masyarakat kelurahan Batu Putih yang umumnya bekerja sebagai nelayan untuk tidak takut divaksin.

"Jangan percaya hoak atau berita yang tidak benar tentang vaksinasi, dan yang sudah divaksin tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya

Danlantamal VIII juga mengajak masyarakat khususnya warga Batu Putih untuk mendatangi posko vaksinasi yang tergelar di pinggir pantai Batu Putih tersebut.

"Terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah hadir dan turut serta pada kegiatan ini, dan tetap jaga kesehatan masing-masing," katanya

Lurah Batu Putih Atas,  Selmi Katiandagho manyatakan simpatinya kepada TNI AL khususnya Lantamal VIII atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial tersebut

"Berharap TNI AL dapat terus berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,  khususnya warga maritim di pesisir," katanya.

Pada penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis, Danlantamal VIII didampingi Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Tirta I Wayan Ariwijaya 

Bakti sosial TNI AL kali ini bekerjasama dengan  PT Meares Soputan Mining  - PT Tambang Tondano Nusajaya dan PT Multi Nabati Sulawesi.

Pada kegiatan itu juga, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII bersama Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Bitung menurunkan tiga dokter umum, vaksinator dan puluhan tenaga kesehatan, dengan 500 dosis vaksin jenis Astrazeneca dan Biofarma.

Dalam menyambut HUT ke-76  TNI AL, juga akan dilaksanakan pembersihan sungai dan pantai, ziarah ke Taman Makam Pahlawan serta penanaman pohon mangrove.





















 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024