Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengatakan hingga akhir Agustus 2021 baru 139 orang tenaga kesehatan yang disuntik vaksin Moderna.

"Sampai saat ini baru 139 orang tenaga kesehatan yang diberi vaksin Moderna atau dosis tiga suntikan vaksin COVID-19," kata Jopy Thungari di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, kendala sampai kurangnya realisasi pemberian suntikan vaksin Moderna karena banyak tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19.

"Di Sangihe, banyak tenaga kesehatan yang pernah terpapar COVID-19 sehingga tidak bisa langsung di vaksin sebab harus menunggu beberapa bulan baru boleh di vaksin," kata dia.

Namun demikian kata dia, sampai saat ini kegiatan vaksinasi Maderna bagi tenaga kesehatan di wilayah kecamatan masih tetap dilakukan bagi tenaga kesehatan yang memenuhi syarat.

"Jadwal pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan di kecamatan akan diatur oleh Puskesmas sesuai kondisi wilayah masing-masing," kata dia.

Sedangkan tenaga kesehatan di lingkungan kantor dinas Kesehatan sudah dilaksanakan pemberian vaksin Moderna.

"Kalau tenaga kesehatan di kantor dinas Kesehatan sudah di suntik vaksin Moderna pada minggu yang lalu," kata dia.

Vaksin Moderna yang diterima sebanyak 100 botol yang akan diberikan kepada 1.400 tenaga kesehatan.

"Vaksin Moderna yang kami terima hanya di peruntukan bagi tenaga kesehatan, sedangkan warga yang lainnya belum ada petunjuk dari provinsi maupun pusat," katanya.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024