Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengharapkan kegiatan Bitung Tuna Fest 2021 akan mampu menggerakkan ekonomi Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Bitung Tuna Fest 2021 kembali digelar Dinas Pariwisata Pemkot Bitung," kata Maurits, di Manado, Jumat.

Maurits mengatakan kegiatan tahunan ini digelar dengan cara berbeda yakni secara virtual mengingat masih situasi pademi COVID-19.

"Tahun ini kita berharap Bitung Tuna Fest bisa membangkitkan serta menjadi roda penggerak ekonomi para pelaku UMKM, wisata kuliner, ojek lokal yang terdampak pandemi COVID-19,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Bitung, Pingkan Kapoh mengatakan Bitung Tuna Fest 2021 dihadiri secara virtual oleh Menteri Kemenparekraf RI Sandiaga Uno bersama istri, Nur Asia Uno.

“Bitung Tuna Fest diselenggarakan secara virtual dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, makanya disaksikan langsung Pak menteri bersama istri,” kata Pingkan.

Pingkan menjelaskan, di tahun 2020 Bitung Tuna Fest ditiadakan karena alasan pandemi COVID-19, namun di tahun 2021 dilaksanakan kembali dengan menerapkan CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) standar protokol kesehatan nasional Kemenparekraf RI.

Dia mengatakan, Bitung Tuna Fest 2021 akan disiarkan secara live di fanpage Kota Bitung pada tanggal 26-27 Agustus 2021 dengan rakaian kegiatan Cooking Class, Battle Cooking Competition, Fun Market Doorprize, Live Talkshow dan Lokal Music Performance.

Bitung Tuna Fest adalah event tahunan Kota Bitung yang telah diadakan pertama kali pada tahun 2016 dengan tujuan untuk meningkatkan geliat pelaku ikan tuna serta sebagai media promosi dari Dinas Pariwisata Kota Bitung.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024