Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mendorong adanya pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hasil kurasi Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (BBI-BWI) Pelangi Sulawesi.

"Kami harap pelaku UMKM yang lolos kurasi bisa mendapatkan pembiayaan dari perbankan, khususnya BNI," kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan penyaluran pembiayaan bagi pelaku usaha ini penting untuk peningkatan usaha mengingat kondisi pandemi COVID-19 telah mempengaruhi kegiatan perekonomian.

Saat ini, terdapat puluhan UMKM yang telah lolos kurasi BNI untuk masuk Gernas BBI-BWI Pelangi Sulawesi, yang layak untuk mendapatkan permodalan dari perbankan atau lembaga keuangan.

Menurut Arbonas, penyaluran kredit kepada UMKM maupun sektor prioritas lainnya ini dapat menggerakkan perekonomian daerah dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, bantuan pembiayaan ini juga penting untuk mendorong kegiatan perekonomian agar lebih inklusif dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di daerah.

Sebelumnya, pada 2020, Gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM Onboarding ke platform e-commerce. Melanjutkan sukses tersebut, maka pada 2021, Gernas BBI akan lebih fokus pada pengembangan potensi daerah.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024