Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maurits Mantiri bersama Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda mengharapkan kapal isolasi terapung akan mampu meminimalisasi penyebaran pandemi COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kapal isolasi terapung ini, akan menjadi alternatif ruang isolasi bagi para pasien COVID-19 tanpa gejala ataupun yang bergejala ringan, sehingga mempercepat kesembuhan," kata Maurits, di Bitung, Jumat.

Maurits mengatakan hal ini akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah dan berisiko membahayakan orang-orang di sekitar yang rentan terinfeksi virus COVID-19.

Selain itu, katanya, dengan isolasi di kapal, diharapkan dapat membatasi ruang gerak penyebaran virus COVID-19 karena mobilitas pasien hanya dilakukan di atas kapal.

Ia mengatakan dengan bantuan para tenaga medis yang kredibel sehingga proses recovery bagi pasien dapat berjalan dengan segala baik.

Semua fasilitas, kata Maurits-Joune terbuka umum dan gratis bagi seluruh warga terkonfirmasi positif (OTG dan gejala ringan) tanpa membedakan suku, agama, ras ataupun golongan.

Pemerintah, katanya,  telah berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dan menyiapkan sejumlah fasilitas bagi seluruh pasien yang akan menjalani isolasi di atas KM Tatamailau.

Maurits-Joune juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden, Menko Perekonomian, Menteri Perhubungan RI bersama jajaran, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Ketua Satgas COVID-19 Nasional, Kepala BNPB, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Dirut PT Pelni, Dirut Pelindo IV bersama jajaran, unsur Forkopimda Sulut dan Kota Bitung.

“Serta semua pihak yang terlibat sehingga fasilitas yang begitu memadai ini dapat digunakan dalam rangka mendukung percepatan penanganan penyebaran virus COVID-19 terutama di wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minut,” katanya.

Tempat Isolasi Terapung KM Tatamailau berada di Dermaga Terminal Pelabuhan Samudera Kota Bitung.

"KM Tatamailau sebagai fasilitas kapal isolasi terapung adalah hasil gotong royong Pemkot Bitung dan Pemkab Minut serta sejumlah instansi BUMN di Kota Bitung," kata Joune.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024