Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Nana Sudjana memimpin kegiatan bakti sosial berupa pemberian bantuan 300 paket sembako bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pelabuhan Manado, Senin.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Kapolda Nana Sudjana kepada perwakilan buruh, kemudian diikuti Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah, Perwakilan Korem 131/Santiago, Ketua MUI Sulut, dan Korda BEM Nusantara Sulut.

Kapolda Nana Sudjana mengatakan bantuan ini diberikan kepada masyarakat khususnya yang terdampak ekonomi akibat pandemi serta PPKM Level 3 dan 4, salah satunya adalah buruh pelabuhan.

“Karena dari belasan kapal, setiap hari hanya sekitar lima atau enam kapal yang beroperasi. Saat ini untuk penumpang pun sangat berkurang jauh dari sebelumnya, hal ini tentunya sangat berdampak bagi penghasilan para buruh pelabuhan,” kata Kapolda usai penyerahan tersebut.

Kapolda menambahkan para buruh pelabuhan merupakan salah satu penggerak roda perekonomian, sehingga juga perlu mendapat perhatian khusus.

“Hal ini sesuai instruksi dari Presiden, Panglima TNI, Kapolri dan para Menteri, agar Forkopimda bersama instansi terkait memperhatikan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 maupun diterapkannya PPKM,” kata mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Bakti sosial seperti ini, lanjut Kapolda, akan terus digelorakan, dengan sasaran utama adalah masyarakat yang terdampak pandemi.

Mengingat perkembangan situasi dan kondisi pandemi COVID-19 yang mengalami peningkatan cukup signifikan, termasuk di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) maka Gubernur Sulut telah menerbitkan Surat Edaran dalam rangka antisipasi peningkatan COVID-19.

“Memang mobilitas masyarakat dibatasi, tetapi semuanya itu demi kesehatan masyarakat. Kalau masyarakat sehat, maka ekonomi pun akan bangkit,” kata Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi menekan laju penyebaran virus corona.

“Masyarakat agar disiplin protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Kemudian yang tidak kalah penting yaitu vaksinasi,” kata Kapolda.

Sekretaris TKBM Pelabuhan Manado Agus Ahmad, mengatakan mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sulut atas bantuan yang diberikan.

“Kami bersyukur karena mendapat bantuan, dan ini sangat bermanfaat bagi, apalagi di tengah pandemi,” katanya.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024