Sitaro (ANTARA) -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi terkait dengan Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk periode Juli 2021 yang bertempat di Kantor KPU Sitaro, Selasa( 3/7).  

Ketua KPU Stevanus Kaaro menyampaikan bahwa kegiatan rekap pemutahitan daftar pemilih ini di lakukan secara rutin tiap awal bulan sebagai bagian dari kewajiban KPU selaku lembaga penyelenggara pemilu dan pemilihan untuk melakukan  pemutahiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan sesuai dengan amanat dalam Undang-undang.

" Rapat ini rencananya akan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom metting dengan pertimbangan protokol kesehatan, namun memperhatikan kondisi jaringan internet yang tidak stabil, maka rapat hanya dilakukan terbatas dan untuk  rekapnya  akan di serahkan menyusul baik ke Bawaslu, Dukcapil dan pengurus parpol" kata Kaaro. 

Sementara, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU  Sitaro Arther N. Tamaka memaparkan bahwa untuk rekapitulasi bulan Juli ini terdapat penambahan pemilih baru atau pemilih yang genap usia 17 tahun di bulan Juli 202 sebanyak 85 orang dimana laki-laki berjumlah 41 orang dan perempuan berjumlah 44.

Tamaka menambahkan, sementara untuk pemilih yang meninggal dunia yang masuk dalam kategori pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) yang kemudian dicoret oleh KPU dari Daftar pemilih  berdasarkan data yang dikordinasikan dengan dinas Dukcapil untuk bulan Juli sebanyak 132 pemilih TMS, sehingga hasil rekapitulasi PDPB untuk periode Juli 2021 yang ditetapkan dalam rapat rekapitulasi  ini sebanyak 52.963 pemilih, dengan rincian 26.322 pemilih laki-laki, dan 26.641 pemilih perempuan yang tersebar di 10 kecamatan dan 93 desa/kelurahan.  

"Dengan kata lain untuk PDPB Humas KPU (2)  Sitaro bulan Juli 2021 mengalami penurunan sebanyak 47 pemilih, dibanding dengan jumlah Daftar Pemilih bulan sebelumnya atau bulan Juni sebanyak 53.010 pemilih" jelasnya. 

Rapat rekapitulasi ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU, Sekretaris dan operator data KPU Sitaro dan stekholder terkait.

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024