Manado (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel berkomitmen terus meningkatkan layanan jaringan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami mendukung pengembangan KEK pariwisata Likupang, dengan menyediakan layanan jaringan telekomunikasi baik telepon maupun data," kata Manager Network Service Manado Robertho L R, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan saat ini sudah terpasang tujuh BTS di Marinsow, Pulisan dan Kalinaung.

"Selanjutnya, kami akan menambah lagi empat titik, sehingga pelayanan telekomunikasi di KEK Pariwisata Likupang semakin baik," katanya.

Robertho menjelaskan pengembangan KEK Pariwisata Likupang menjadi prioritas Telkomsel.

Di wilayah Likupang, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau sekitar 75 persen wilayah di keseluruhan area wisata.

"Kami terus mendukung pemerintah untuk memajukan pariwisata di seluruh Indonesia, dan secara khusus telah memperkuat dan menambah jaringan broadband 4G di wilayah super prioritas yang menjadi fokus pemerintah tahun ini," jelasnya.

Apalagi, katanya, pergeseran perilaku komunikasi wisatawan, mereka kini lebih sering mengunggah foto dan video daripada berkirim SMS atau melakukan panggilan suara.

Selain itu, wisatawan juga sering memanfaatkan layanan data untuk melakukan perjalanan mulai dari mencari informasi tempat wisata, pesan tiket, dan melakukan pembayaran secara online, serta informasi seputar kuliner, pertunjukan seni dan budaya‎ di sekitar lokasi wisata.

Sehingga, katanya, pengembangan jaringan di KEK pariwisata Likupang akan menjadi prioritas Telkomsel.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024