Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengharapkan perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) mampu meningkatkan semangat perkoperasian di daerah tersebut.

"Harus diakui ada begitu banyak koperasi di Sulut yang tidak aktif lagi, sehingga diharapkan melalui perayaan di tanggal 12 Juli 2021, akan meningkatkan semangat itu," kata Olly, di Manado, Senin.

Olly mengatakan jika koperasi berjalan sebagaimana mestinya, maka akan berdampak luar biasa pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Ronald Sorongan mengatakan setiap 12 Juli diperingati sebagai Harkopnas dan menjadi peringatan ke-74 tahun.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Koperasi dan UKM Sulut memperingatinya dengan sederhana.

Diawali dengan upacara peringatan di lingkup Dinas Koperasi dan UKM Sulut, dilanjutkan dengan peringatan hari koperasi secara virtual, dan tiup lilin kue HUT bersama dengan sejumlah perwakilan UKM Minahasa Utara dan koperasi penerima penghargaan.

Sesuai instruksi Pak Menteri Teten Masduki, perayaan Hari Koperasi Nasional dilakukan secara sederhana walaupun secara virtual.

"Tadi kami juga melakukan upacara dan memberikan penghargaan bagi koperasi yang berprestasi,” ungkap Ronald.

Perwakilan Koperasi yang mendapatkan penghargaan ialah Koperasi TKBM dari Kabupaten Bolaang Mongondow.

Selain itu, katanya, ada juga koperasi yang mendapat sertifikat NIK.

“Selaku pembina koperasi di Sulut, atas nama Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menyampaikan dirgahayu koperasi ke-74 tahun,” tambah Ronald.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024