Manado (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan doa bersama untuk Bangsa Indonesia dari ancaman pandemi COVID-19.

Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring, di Tondano, Sabtu, mengatakan pihaknya secara daring mengikuti kegiatan doa bersama gereja-gereja dari Sulut untuk Indonesia dengan tema Selamatkan Indonesia dari Ancaman Pandemi Covid-19 yang dituntun Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulut, Pdt Lucky Rumopa.

Bupati mengimbau agar warga Kabupaten Minahasa juga terus berdoa agar Minahasa, Sulawesi Utara dan Indonesia bahkan dunia boleh dipulihkan dari pandemi COVID-19 ini. 

"Bagi kita orang beriman dan percaya pada Tuhan tentu sadar doa adalah kekuatan bagi kita tetapi juga harus dibarengi dengan usaha untuk menghentikan penyebaran virus itu," katanya.

Usahanya yaitu tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang saat ini dikenal dengan 5M, ditambah dengan vaksinasi. Tetap semangat namun harus waspada," kata Roring.

Ketua Umum Majelis Pekerja Harian (MPH) Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pdt Gomar Gultom, yang turut mengikuti secara daring dari Jakarta mengapresiasi gereja-gereja di Sulawesi Utara yang berinisiatif dan melakukan kegiatan doa bersama tersebut. 

Selain itu, Pdt Gultom juga berharap warga gereja dapat mengikuti imbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. 

Acara tersebut diawali dengan ucapan selamat datang oleh Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Sulut, Pdt Johan Manampiring dihadiri Gubernur Olly Dondokambey yang juga membacakan Firman Tuhan dari kitab Lukas 21:34-38 dengan menggunakan Alkitab bahasa Manado. 

Doa syafaat dibawakan secara bergantian oleh Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina, Ketua Majelis Daerah GPdI Pdt Ivone Awuy-Lantu, Pastor Damianus Pongoh dari Keusukupan Manado, Ketua Asosiasi Pendeta Sulut Pdt Michel Pangalila, Ketua dan Wakil Ketua Bamag Sulut Pdt Johan Manampiring dan Pdt Ade Karouw serta Gbl. Franky Londa, Ketum Pucuk Pimpinan KGPM. Bupati Minahasa yang juga Ketua Komisi Pria Kaum Bapa Sinode Am Gereja-gereja Suluttenggo.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024