Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan upacara tabur bunga di dermaga Markas Komando  Ditpolairud  Tandurusa, Kota Bitung, menyambut Hari Bhayangkara ke-75.

Kapolda Sulut Irjen Pol Irjen Nana Sudjana di Bitung, Selasa, mengatakan,  tabur bunga di laut ini merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara. 

"Makna dan tujuannya adalah untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan atas pengorbanan jiwa raga demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," katanya.

Kapolda  menambahkan, sebagai generasi penerus kita semua wajib meneruskan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan. Termasuk juga dalam upaya-upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara tabur bunga tersebut turut dihadiri  Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko bersama para pejabat utama, serta Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Sulut Shinta Nana Sudjana dan anggota Bhayangkari. 

Rangkaian upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, kemudian  tabur bunga ke laut. 

Dilanjutkan penghormatan terakhir dan pembacaan doa. 

Sebelumnya Kapolda Nana Sudjana  memimpin ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Manado, juga dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75.

 Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, ziarah ini merupakan tradisi rutin tahunan Polri tiap menjelang peringatan Hari Bhayangkara. 

Tujuannya, untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela tanah air. 

"Sekaligus menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat khususnya bagi institusi Polri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara," katanya.






 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024