Manado (ANTARA) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Utara meningkatkan penerapan prinsip 4K untuk mengendalikan inflasi di Kota Manado, Provinsi Sulut.

"Kami akan mengacu pada prinsip 4K dalam menjaga inflasi tetap stabil yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, serta komunikasi yang efektif," kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat di Manado, Kamis (17/6).

Dia mengatakan koordinasi intensif dan sinergi antardinas/instansi terkait yang sudah baik ini perlu dipertahankan dan senantiasa ditingkatkan dengan berpedoman pada prinsip 4K tersebut.

Bank Indonesia, katanya, akan senantiasa berperan aktif dalam TPID untuk bersama mengendalikan inflasi demi kebaikan bersama.

Kerjasama yang baik antarlembaga, khususnya melalui TPID, menjadi kunci keberhasilan menjaga inflasi di angka yang rendah dan stabil.

"Namun demikian, kita tetap harus waspada mengingat banyaknya tantangan dalam pengendalian ke depan yang masih harus kita hadapi," katanya.

Pihaknya bersama TPID Sulut akan terus berkoordinasi dengan TPID di 15 kabupaten dan kota sehingga sinergitas ini mampu mengendalikan inflasi di Kota Manado.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024