Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan pramuka memiliki peran besar dalam membentuk kecakapan hidup generasi muda.

"Pramuka memiliki peran besar bagi daerah, khususnya yang berkaitan dengan pembentukan generasi muda dalam kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan global serta perkembangan zaman," ujar dia pada pelantikan Ketua Mabida Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulut periode 2020-2025 di Manado, Selasa.

Ia mengharapkan para pengurus memiliki semangat gotong royong dan bahu-membahu dalam menjalankan organisasi, terlebih di tengah pandemi COVID-19.

Mengutip pernyataan Bung Karno, Olly mengajak para pengurus pramuka untuk mengembangkan serta memajukan gerakan pramuka.

"Berusahalah sehebat-sehebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang ada di kota maupun yang menggembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan hormat dapat menyatakan aku pramuka Indonesia,” katanya.

Pengurus Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka diharapkan membawa perubahan dalam mencapai pembangunan kepribadian bangsa.

"Mari kita sama-sama mengembangkan potensi diri guna mencapai akhlak mulia sebagai garansi pembangunan daerah ke depan," katanya.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo mengapresiasi Gubernur Olly Dondokambey atas kesediaannya memimpin mabida setempat.

Begitupun dengan Vanda Sarundajang yang dipercaya sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut.

Ia mengharapkan terkait dengan kemajuan gerakan pramuka ke depan, terlebih dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

“Pandemi COVID-19 ini menyebabkan berbagai kesulitan, terutama di bidang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Berbagai kegiatan harus tertunda, termasuk kegiatan pendidikan yang terpaksa dilaksanakan di rumah. Namun, sebagai pramuka yang mementingkan pendidikan karakter, kita tetap harus semangat dan berpikir positif dalam mengemban berbagai kegiatan kepramukaan guna bakti kepada masyarakat,” katanya.

Bachtiar juga berharap dalam mengembangkan gerakan pramuka, para pengurus dapat lebih mengedepankan disiplin nasional serta peduli dan berempati kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024