Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengajak warga Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), agar peduli lingkungan dimulai dengan hal kecil. 

"Kepedulian kita terhadap lingkungan dari hal terkecil yakni jangan buang sampah sembarangan," kata Maurits, di Manado, Senin.

Maurits mengatakan menjaga lingkungan harus dimulai dari hal-hal sederhana, seperti tertib membuang sampah pada tempatnya dan mematuhi jam buang sampah.

Jika hal itu telah dipatuhi, katanya, maka rasa cinta akan lingkungan benar-benar telah terpatri karena sampah adalah masalah utama yang dihadapi dunia akibat ulah manusia.

“Hampir semua negara saat ini dipusingkan dengan sampah plastik, di Selat Lembeh saja setiap hari sampah plastik masih terlihat karena ketidaktahuan kita membuang sampah,” kata Maurits.

Dirinyapun mengajak semua lapisan masyarakat Kota Bitung untuk menjadikan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini untuk betul-betul menjaga dan merawat lingkungan masing-masing dengan hal sederhana.

“Mulailah dengan hal sederhana tapi memberi dampak besar terhadap pelestarian lingkungan kita,” katanya.

Adapun tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 adalah ‘Restorasi Ekosistem’.

Mari tingkatkan kesadaran dan tindakan untuk mendukung serta mendorong perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024