Manado, (Antara News) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Robby Mamuaja, akan memimpin langsung upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi dan pemberian remisi bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Manado, menyambut HUT Kemerdekaan RI.

"Upacara renungan suci akan dilakukan di TMP Kairagi 17 Agustus 2010 pukul 00.00 wita yang akan dihadiri jajaran Muspida," kata Kepala Sub Informasi, Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut, AY Rambing, di Manado, Senin.

Kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 65, merupakan tugas pertama bagi Mamuaja pasca diterimanya tugas carateker Gubernur Sulut tahun 2010, menggantikan pejabat lama Sinyo Harry Sarundajang yang berakhir pada 14 Agustus 2010 lalu.

Sebelumnya, berbagai kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI telah dilalui dengan mendengarkan pidato kenegaraan di DPRD Sulut, pengukuhan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) serta mengikuti Apel Taptu di Markas Polda Sulut.

"Puncak kegiatan adalah detik-detik peringatakan Proklamasi kemerdekaan di Halaman Kantor Gubernur Sulut pada 17 Agustus 2010 pukul 10.00 wita," katanya.

Khusus pemberian remisi yang akan dilakukan Plt Gubernur Sulut itu, ada sebanyak 922 narapidana mendapatkan remisi berkaitan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-65, dan dari jumlah tersebut sebanyak 56 diantaranya mendapatkan remisi bebas.

Pelakasana Harian Divisi Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulut, Berty Rompas mengatakan, 866 narapidana lainnya mendapatkan Remisi umum (RU1) yakni pengurangan hukuman satu hingga enam bulan.

Dari total 922 narapidana yang mendapatkan remisi baik RU1 maupun RU2 itu, tersebar pada enam LP, dua Rutan dan lima cabang rutan di Sulut, yakni LP Manado, LP Tondano, LP Tahuna, LP Anak Tomohon, LP Bitung, LP Ulu Siau.

Kemudian Rutan Manado, Rutan Kotamobagu, Cabang Rutan Amurang, Cabang Rutan Lirung, Cabang Rutan Tagulandang, Cabang Rutan Enemawira dan Cabang Rutan Tamako. (*)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024