Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengingatkan warga masyarakat agar mewaspadai demam berdarah dengue.

"Kami mengingatkan warga masyarakat agar mewaspadai penyakit DBD," kata Jopy Thungari di Tahuna, Sabtu.

Di musim hujan seperti ini kata dia, banyak terjadi genangan air di barang bekas menjadi tempat berkembang biak nyamuk penyebab demam berdarah.

"Semua masyarakat harus bekerjasama membasmi jentik nyamuk dengan membuang air tergenang di setiap wadah yang menjadi sarang nyamuk," kata dia.

Pemerintah melalui dinas Kesehatan menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pencegahan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan 3M yaitu memutus rangkaian perkembangbiakan nyamuk dengan Menutup Menguras bahan yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiak jentik nyamuk DBD.

"Kami juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan kelambu saat tidur dan menggunakan obat anti nyamuk guna menghindari gigitan nyamuk," kata dia.

Dia juga meminta masyarakat untuk bekerja sama memutus rantai perkembangan nyamuk dengan membersihkan lingkungan serta membuang semua wadah yang menampung air di lingkungan masing-masing.

"Keterlibatan semua masyarakat dalam membasmi jentik nyamuk sangat diharapkan agar nyamuk penyebab DBD tidak berkembang," kata dia.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024