Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey berharap Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto memfasilitasi pembangunan infrastruktur air bersih di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

"Kami berharap Menko Perekonomian memfasilitasi penyambungan pipa air bersih di KEK Likupang yang dibangun oleh Kementerian PUPR yang memiliki kendala karena harus melewati tanah HGU," kata Gubernur Olly di Manado, Kamis.

Gubernur Olly mengikuti Rapat Koordinasi Pembahasan Evaluasi Pembangunan dan Pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui video conference yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto. 

“Saya kira ini bisa difasilitasi sehingga anggaran pemerintah untuk menunjang KEK Likupang ini bisa berjalan dengan baik,” katanya. 

Pentingnya infrastruktur tersebut karena para investor yang datang ke Likupang melihat ada potensi yang besar di daerah tersebut. 

“Sarana dan prasarana yang ada di sekitar KEK Likupang sudah berjalan dengan baik, baik infrastrukur yang dibangun oleh pemerintah swasta, beberapa investor sudah mulai masuk tapi tidak masuk di kawasan ekonomi khusus,” bebernya.

Gubernur juga berharap jaringan listrik di daerah-daerah yang sedang bertumbuh agar bisa disuplai oleh kementerian ESDM.

Kepada Menko Airlangga, Bendahara Umum PDIP itu menambahkan, pengembangan KEK Bitung pada umumnya sudah berjalan baik namun karena situasi pandemi COVID-19 menyebabkan para investor menunda sementara waktu hingga keadaan kondusif.

Kawasan industri yang ada di Bitung, menurut Gubernur, pemanfaatannya akan lebih cepat apabila Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian mengoptimalkan keberadaan pelabuhan Bitung.

“Investor bertanya kepada pemerintah daerah bagaimana transportasi yang ada di Sulut dan pemanfaatan pelabuhan Bitung untuk kegiatan ekspor impornya,” sebutnya.

Hadir juga dalam vidcon tersebut Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Maluku Utara, Gubernur Papua Barat dan Bupati Sorong sebagai pengusul KEK Sorong.***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024