Manado (ANTARA) - Ketua Komisi IX DPR-RI, Felly Estelita Runtuwene mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah stunting.

"Mencegah stunting, warga diminta menjalankan pola makan, pola asuh, dan sanitasi yang baik untuk kesehatan calon orang tua maupun anak sejak lahir hingga di masa pertumbuhan," ajak Felly saat Sosialisasi Pendataan Keluarga 2021 untuk Perencanaan Kesejahteraan Keluarga Indonesia di Praja Saba Graha Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolmong, Selasa. 

Untuk penanganan stunting, kata dia, BKKBN ditunjuk pemerintah menjadi 'leading sector'.

"Kiranya dapat mengintegrasikan berbagai program pembangunan untuk menciptakan penduduk dan keluarga Indonesia yang berkualitas," katanya.
 
Di lain hal, langkah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara melakukan Pendataan Keluarga di tahun 2021 sudah tepat. 

"PK21 diharapkan menghadirkan 'Satu Data Keluarga Indonesia'. Dengan begitu membetulkan data milik negara yang masih terbilang butuh penyempurnaan," katanya. 

Ke depan, PK21 ini bakal dimanfaatkan pemerintah untuk mengalokasikan anggaran supaya tepat sasaran.  

"Saya mengajak masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan program PK21," tambahnya. Ketua Komisi IX DPR-RI, Felly Estelita Runtuwene (1)
Di satu sisi, Ketua Komisi IX menyemangati kader pendata untuk terus semangat memenuhi target yang ditetapkan.  

Koordinator Bidang ADPIN BKKBN Sulut, Ignatius J Worung SE MSi memberikan apresiasi atas kehadiran Ketua Komisi IX DPR RI dan permohonan maaf dari Kaper BKKBN Sulut yang tidak sempat hadir pada kegiatan ini. 

Dirinya meyakini kemitraan antara Komisi IX DPR-RI dengan BKKBN, akan mampu memuluskan target capaian program Bangga Kencana yang menjadi program prioritas nasional. 

Sosialisasi Pendataan Keluarga 2021 untuk Perencanaan Kesejahteraan Keluarga Indonesia yang diikuti sekitar 100 orang peserta tersebut dihadiri Anggota DPRD Sulut Bapak Mohammad Wongso dan Bapak I Nyoman Sarwa, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bolmong I Ketut Kolak, Camat Dumoga Tengah Rahmat Makalalag SH MH, Sangadi Werdhi Agung I Ketut Wardana, Sekretaris Perwakilan BKKBN Sulut Ir Ronny Sumilat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Jajaran OPD KB Kabupaten Bolmong, Kader KB, PKB, PPKBD, Sub PPKBD se-Kecamatan Dumoga Tengah.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024