Manado (ANTARA) - Kepala Divisi  Keimigrasian  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Junita Sitorus mengatakan adanya pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)  dapat menjadi hal positif  memacu Kantor Imigrasi dalam menciptakan inovasi dan menorehkan prestasi. 

“Saat ini seluruh Kantor Imigrasi (Kanim) berlomba-lomba membangun Zona Integritas, sehingga bila dilihat ini bukan lagi untuk mendapatkan penghargaan, namun tujuan utamanya untuk melayani masyarakat dan membangun organisasi serta memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara”, katanya saat mengunjungi Kanim Kotamobagu Kelas II Non TPI, Sulawesi Utara, Senin.

Ia mengharapkan  seluruh jajaran Kanim di daerah itu, ditengah keterbatasan sumber daya dan hal-hal lainnya, harus mengandalkan kreatifitas dalam menyiasati waktu dan anggaran dalam upaya melakukan perubahan-perubahan baik layanan maupun tampilan kantor. 

Untuk menunjang semua pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut hal yang terpenting adalah kerjasama dan hubungan yang baik antara atasan dan bawahannya. 
"Seorang pimpinan yang baik adalah ia yang dapat menciptakan 'team work' yang solid, karena pimpinan tidak akan maju tanpa bantuan dari stafnya dan begitupun sebaliknya," katanya.

Ia menambahkan hal terpenting lainnya adalah dengan tetap memperhatikan hal-hal kecil yang bermakna dan berguna bagi instansi, serta pengelolaan laporan yang baik dan tepat waktu kepada pimpinan di wilayah maupun di pusat. 

Dalam kunjungan untuk memperkuat tugas dan fungsi keimigrasian tersebut,  Junita Sitorus didampingi Pelaksana Tugas Kepala Bidang Inteldakim Agus Ruhadi dan Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian, Kumeter Karundeng.

Pada kunjungan itu Junita Sitorus,   menyapa para pegawai dan petugas yang sedang bekerja, sekaligus meninjau ruangan-ruangan kerja serta ruangan pelayanan. 
Pada saat peninjauan, Sitorus memberikan masukkan dan saran dalam penataan dan pengaturan ruangan yang bisa menunjang peningkatan pelayanan dan kenyamanan pegawai saat bekerja. 

Junita Sitorus mengatakan dengan tara ruang yang dekoratif dan 'eye catching', para pegawai akan merasa lebih semangat dan betah untuk menyelesaikan tugasnya.
"Begitu  yang datang berkunjung pasti akan merasa nyaman dan puas, apalagi ditunjang dengan pelayanan prima yang diberikan oleh petugas," katanya.

 Kepala Kanim Kotamobagu Usman mengatakan  terimakasih atas motivasi dan arahan yang diberikan Kadiv Imigrasi  hal itu akan menjadi perhatian dan acuan jajarannya untuk terus produktif dan berkinerja ditengah kekurangan dan keterbatasan yang ada.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024