Tomohon (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Tomohon, Sulawesi Utara mengembalikan dana sisa penyelenggaraan pemilihan kepala daerah wali kota dan wakil wali kota sebesar Rp1,7 miliar.

"Dana tersebut sebelumnya merupakan dana hibah Pemerintah Kota Tomohon untuk kegiatan penyelenggaran pilkada wali kota dan wakil wali kota pada tahun 2020 lalu," ucap Ketua KPU Tomohon Haryanto Lasut di Tomohon, Kamis.

Pengembalian dana sisa pilkada tersebut disertai dengan penyerahan laporan dan bukti transfer KPU ke Pemerintah Kota Tomohon, di kediaman Wakil Wali Wenny Lumentut.

Laporan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH bersama Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE.

Pada pelaksanaan Pilkada 2020 lalu, KPU Tomohon menerima dana hibah Rp18 miliar pemerintah kota, katanya.

Dana yang digunakan semenjak tahun 2019 hingga 2021 akan dipertanggungjawabkan KPU Tomohon kepada Pemerintah Kota Tomohon tiga bulan sesudah penetapan kepala daerah terpilih.

“Dari anggaran yang sudah kita gunakan, ada sisa dana sebesar Rp1,7 miliar yang telah kami serahkan kembali ke Pemkot,” ujarnya.

Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk mengapresiasi KPU atas kinerja yang telah dilaksanakan sehingga penyelenggaraan pilkada berjalan baik dan lancar serta memperoleh tiga penghargaan dari KPU provinsi bahkan melakukan efisiensi anggaran.

“Intinya pilkada Tomohon berjalan lancar, dan ada efisiensi yang cukup luar biasa dan kami dari Pemkot Tomohon mengucapkan terima kasih atas semua kinerja yang dilaksanakan,” katanya.

KPU Tomohon dipercayakan menerima penghargaan yakni di tiga kategori yaitu di divisi teknis (dua penghargaan) dan partisipasi masyarakat (satu penghargaan).

KPU Tomohon juga menerima penghargaan dari KPU-RI yang dipercayakan sebagai peringkat ketiga tertinggi se-Indonesia pada kategori partisipasi masyarakat.

Sementara penghargaan dari KPU Sulut yakni daerah dengan tata kelola tahapan pencalonan terbaik, daerah dengan fasilitasi pelayanan pelaporan dana kampanye terbaik, dan daerah dengan kreasi sosialisasi dan kepatuhan pelaporan sosialisasi, partisipasi masyarakat serta kampanye terbaik.

Penyerahan dana sisa tersebut juga didampingi Komisioner KPU Robby Golioth ST, Stenly Kowaas ST, Jacobus Wowor SH dan Kepala BPKAD Drs Gerardus Mogi MAP.


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024