Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menyiagakan personel dan peralatan dalam mengatasi bencana alam di Manado Provinsi Sulawesi Utara.

"Sebanyak 22 personel, satu unit perahu karet serta mobil angkut disiagakan dalam mengantisipasi bencana. Personel dan peralatan tersebut diikutkan dalam gelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana 2021 di Lapangan KONI Sario, Manado," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado, Rabu (21/4).

Apel kesiapsiagaan itu dipimpin Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan dihadiri Forkopimda, diantaranya Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang, Danlanudsri Marsma TNI Satryo Utomo.

Gubernur Olly Dondokambey mengatakan apel kesiapsiagaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan semua unsur dalam penanggulangan bencana di daerah.

Baik dari unsur pemerintah unsur masyarakat relawan serta kesiapan sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana agar selalu siap dan dapat menekan risiko bencana alam di Provinsi Sulut.

“Saya mengharapkan, seluruh elemen masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media masa akan terus bersama-sama pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana di Provinsi Sulut," katanya.

Pada saat itu, Gubernur Olly Dondokambey dan Forkopimda turut melakukan pengecekan kesiapan pasukan pada apel tersebut.

Apel tersebut diikuti antara lain TNI, Polri serta instansi terkait di daerah tersebut.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024