Manado (ANTARA) - Hasil evaluasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara, angka partisipasi pemilih pilkada serentak di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu sebesar 78,72 persen. 

"Penyelenggaraan pilkada serentak di Sulut tergolong berlangsung secara aman, lancar dan sukses," sebut Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Selasa. 

Sukses penyelenggaraan pilkada ini, sebut dia, dibuktikan dengan tingkat partisipasi pemilih di Sulut yang berada pada angka 78 persen lebih dan angka ini menjadi tingkat partisipasi pemilih tertinggi kesembilan provinsi yang menggelar pilkada gubernur dan wakil gubernur. 

Steven Kandouw menghadiri kegiatan Rapat Evaluasi Kelembagaan serta Penyerahan Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2020 yang diselenggarakan KPU Sulut. 

Politikus PDIP Sulut itu mengapresiasi rangkaian kegiatan ini karena di samping suatu keharusan, juga menjadi pijakan ke depannya melaksanakan pilkada dengan kualitas yang lebih baik lagi.

“Kita patut mengucap syukur kepada Tuhan karena kerja besar ini bisa dapat dituntaskan dari awal sampai akhir. Atas nama pak Gubernur, pemerintah provinsi maupun seluruh masyarakat mengucapkan salut dan bangga kepada KPU Sulut,” sebutnya. 

Kandouw juga memuji pengelolaan keuangan KPU yang dijalankan melalui konsep yang komprehensif dan akuntabel.

“KPU mengembalikan anggaran sebesar Rp20 miliar, dan ini adalah prestasi yang luar biasa,” ujarnya.

Wagub juga memberikan apresiasi kepada KPU dan seluruh stakeholder lain termasuk TNI-Polri yang menjaga keamanan penyelenggaran pilkada sehingga berjalan sukses. 

Dalam kegiatan ini nampak hadir jajaran Forkopimda dan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh beserta jajaran, juga perwakilan KPU kabupaten/kota se-Sulut dan Bawaslu.***2***

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024