Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) di Kabupaten Kepulauan Sangihe mendorong pengolahan potensi perikanan di wilayah perbatasan itu.

"Kami meminta agar Polnustar serta SMK di Nusa Utara untuk mengembangkan potensi yang ada dengan memahami cara menangkap ikan yang benar serta cara packing yang memenuhi standar dari Jepang," kata Gubernur saat meresmikan Gedung Polnustar di Sangihe, Selasa.

Tangkapan nelayan, menurut Gubernur harganya betul-betul mahal karena ikan tuna di daerah ini bersirip kuning.

Olly juga menginginkan agar Polnustar yang dibangun ini mencakup warga masyarakat yang ada di kepulauan baik Sitaro maupun Talaud.

Berdirinya Polnustar merupakan peluang dalam peningkatan ekspor komoditi khas kepulauan yaitu ikan tuna.

“Syukur, peluang kita Provinsi Sulut setiap Rabu sudah mengekspor ikan tuna secara langsung,” terangnya.

Lebih jauh Olly mengingatkan bahwa menciptakan kualitas sumber daya manusia yang baik memerlukan fasilitas yang memadai.

“Kalau kita cuma menciptakan pendidikan tanpa menyiapkan tempat untuk orang-orang yang kita didik percuma. Semangat dari warga Nusa Utara pada saat itu memang menginginkan ada lembaga pendidikan yang representatif buat SDM yang ada di wilayah kepulauan tersebut,” kata Olly.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menjelaskan, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memiliki misi yang sama yakni bagaimana membangun dari pinggiran.

“Karena tugas pemerintah adalah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan SDM sekaligus meningkatkan pendapatan,” ungkapnya.

Gubernur menambahkan, terkait kendala masyarakat kepulauan khususnya ketersediaan pasokan listrik, menjadi kewajiban negara untuk menyiapkan pembangkit listrik.

“Ke depan pemerintah sudah akan mempersiapkan pembangkit listrik di Sangihe, kita akan kembangkan menggunakan LIG. Untuk itu diharapkan kerja sama dunia pendidikan, pemerintah dan masyarakat untuk menjaga aset-aset pemerintah yang sudah dibangun di sini," ajaknya.

Sebelumnya juga di tempat yang sama Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengapresiasi dibangunnya Polnustar.

“Insya Allah ini akan menjadi legasi kita untuk Indonesia masa depan yaitu pemimpin-pemimpin hebat Indonesia yang lahir dari Sangihe,” harapnya.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024