Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana memperjuangkan pembangunan stadion dan gedung olahraga (GOR) kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

"Pak Bupati Jabes Gaghana menemui Menteri Pemuda dan Olahraga di Jakarta memperjuangkan pembangunan stadion dan GOR," kata Irianto Manumpil, Plt Kabag Protokol Sangihe dari Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Bupati Jabes Gaghana didampingi kepala Bapelitbang Feliks Gaghaube diterima langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Kepada Menpora, Bupati menyampaikan kerinduan masyarakat dan pemerintah untuk memiliki sarana dan prasarana olahràga yang representatif seperti stadion dan GOR.

"Kabupaten Sangihe memiliki atlet yang potensial yang sudah bertarung di tingkat nasional seperti Aprilio Manganang namun sampai sekarang Sangihe belum memiliki sarana dan prasarana olahraga yang memadai," kata Bupati.

Khusus untuk GOR Bupati telah melaporkan, pembangunan tahap pertama pada tahun 2019 telah dikerjakan dengan anggaran dari Kemenpora.

"GOR saat ini sudah ada pembangunan tahap pertama dengan anggaran dari Menpora yang di sharing dengan dana APBD, sekarang tinggal melanjutkan pembangunannya," kata dia.

Apabila permohonan pembangunan stadion olahraga disetujui Kemenpora, Pemerintah Kabupaten Sangihe sudah menyiapkan lahan pembangunannya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainufin Amali menyambut baik kehadiran pemerintah kabupaten Sangihe khususnya Bupati yang datang langsung ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Kami mengapresiasi perjuangan Bupati Sangihe untuk menyiapkan sarana dan prasarana olahraga bagi generasi muda," kata Menpora.

Menurut Menpora, untuk semua pembangunan fisik sudah dialihkan ke Kementerian PUPR, sehingga Pemerintah kabupaten Sangihe juga dapat melakukan lobi di Kementerian PUPR.

"Kami tetap mencatat apa yang disampaikan oleh Bupati untuk dibantu melalui program Kementerian Pemuda dan Olahraga demi pengembangan bidang olahraga di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan juga akan dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR," kata Menpora

Kemenpora juga memiliki kerinduan supaya terus ada olahragawan dari daerah-daerah perbatasan yang bisa berprestasi di tingkat nasional bahkan mancanegara. Dan hal ini akan kita tunjang, tinggal melihat secara teknis ke depan hal-hal apa saja yang dapat ditindaklanjuti dalam pengembangannya, tambah Menpora.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024