Minahasa Utara (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Utara (Sulut), Ir Rita Dondokambey Tamuntuan melantik Rizya Ganda Davega sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Minahasa Utara (Minut) di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat(26/3)

Bersamaan Rizya, juga dilantik ketua Dekranasda kota Tomohon, Minahasa Selatan,  Bolaang Mangondow Timur, dan Bolaang Mangondow Selatan.

Dalam sambutannya, Rita  berharap ketua-ketua yang baru dilantik untuk berperan aktif membina pengrajin yang ada didaerah dan mengangkat dan menciptakan produk kerajinan khas daerah dengan mengedepankan kearifan lokal.  Ketua Dekranasda Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan usai melantik Ketua Dekranasda kabupaten/kota di Sulut (1)

"Efektivitas pembinaan dan pengembangan industri kerajinan di daerah kepada ketua-ketua Dekranasda yang baru agar semakin mengangkat produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam," tuturnya.

Usai dilantik, Rizya mengatakan, akan membangun sinergitas Dekranasda dengan Tim Penggerak PKK Minahasa utara guna mengoptimalkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.
Disampaikan Isteri Bupati Minahasa utara ini yang didampingi Christy Lotulung Arina, isteri Wakil Bupati Minut, kami akan membuat program yang memberdayakan ibu-ibu rumah tangga sebagai pelaku industri rumahan yang menghasilkan karya seni serta produk kerajinan yang memiliki daya saing dengan daerah lain. Tentunya juga dengan para pengrajin atau seniman yang ada di Minut.

"Saya meminta dukungan dari semua pihak dan stakeholder untuk berkolaborasi menunjang program Dekranasda Minut untuk menelorkan pelaku-pelaku usaha produktif agar mampu membawa produk-produk lokal Minut ke tingkat nasional bahkan ke internasional," tutur Rizya.
 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024