Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw berharap perangkat daerah fokus pada pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang akan dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Pak Gubernur telah menyampaikan agar supaya dapat berkonsentrasi penuh menghadapi permintaan tim pemeriksa BPK Perwakilan Sulut, itu wajib hukumnya seluruh perangkat daerah memberi perhatian terhadap pemeriksaan ini,” kata  Wagub Steven di Manado, Jumat.

Di tingkat provinsi, lanjut dia, ada audit kinerja berdasarkan Long Form Audit Report (LFAR).

Pemeriksaan LFAR ini dilaksanakan pada entitas pemerintah provinsi dengan pertimbangan pemerintah provinsi merupakan wakil pemerintah pusat di daerah yang memiliki peran melakukan pembinaan terhadap pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya.

Wagub juga berharap apa yang dilakukan Pemprov Sulut dalam membina dan memberikan arahan terkait audit BPK dapat diiikuti oleh pemerintah kabupaten/kota.

“Mudah-mudahan diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota, dalam pemeriksaan LKPD tahun 2020 ini harus lebih bagus dari tahun sebelumnya, ini jadi keinginan bersama, jadi harapan bersama agar supaya nanti opini setelah tanggal 18 april nanti akan ada peningkatan,” ungkapnya.

Beberapa hari lalu, lanjut Wagub, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota telah menyerahkan LKPD, tiba saatnya BPK RI perwakilan Sulut melakukan implementasi, mengklarifikasi menelusuri lebih lanjut laporan yang sudah disampaikan pemda.

“Untuk itu atas nama pemerintah provinsi dan kabupaten/kota tentu saja kita dengan tangan terbuka akan menerima tim pemeriksa dari BPK Perwakilan Sulut, semoga selama proses pemeriksaan ini kerja sama akan terjalin dengan baik” katanya.

 


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024