Manado (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Untuk menunjang pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Utara nantinya di terminal yang baru kami siapkan khusus lokasi untuk Tourism Information Center seluas 63 meter persegi," GM AP 1 Bandara Samrat Minggus Gandeguai, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan pihaknya juga menyiapkan space Food Vilage untuk UMKM yang ada di Sulawesi Utara dengan luas 129 meter persegi di lantai 1 keberangkatan, yang merupakan lokasi premium.

Belum lama ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno meninjau progres perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Menparekraf mengatakan dengan perluasan terminal hampir tiga kali lipat, diharapkan seiring angka penularan COVID-19 dapat ditekan, melalui kepatuhan disiplin, testing tracing, treatment, dan vaksinasi.

Diharapkan Bandara Sam Ratulangi Manado dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi Sulawesi Utara dan pariwisata Indonesia.

"Dengan bandara ini kita ingin menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur ini akan membangkitkan kembali ekonomi kita," katanya.

Nantinya, Bandara Sam Ratulangi akan dibuatkan Dibuat Creative Hub, menjadi etalase UMKM terbaik, untuk memberikan kesempatan bagi mereka berinovasi, produk terbaik yang dikurasi tersebut dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi.

"Jadi nanti seperti di airport di Bali, di mana setiap penumpang yang tiba dan berangkat akan dapat melihat karya-karya terbaik Sulawesi Utara. Kita akan on boarding digitalisasi juga tidak hanya di showroom saja tapi juga masuk ke market place dengan QR Code," tutur Sandiaga Uno.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024