Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, melakukan pengecekan fasilitas kesehatan  di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Wahyu Slamet di Bitung, Sulawesi Utara.

"Pengecekan  mulai dari bangunan, ruangan perawatan umum, ruangan perawatan isolasi COVID-19, laboratorium, sampai dengan beberapa peralatan medis sebagai pendukung untuk pemeriksaan SWAB PCR," kata Danlantamal di Bitung, Senin.

Selain itu, I Wayan  mengatakan kunjungan ini untuk melihat satuan kerja Lantamal VIII yang berada di Bitung termasuk Rumkital Dr Wahyu Slamet yang sudah menyiapkan fasilitas untuk penanganan vaksin maupun tracer sesuai dengan program pemerintah.

"Semua ini kita gunakan seoptimal mungkin untuk kebutuhan prajurit, PNS maupun masyarakat sekitar," katanya.

Harapan ke depan, lanjut Danlantamal,  seluruh masyarakat untuk sama-sama menanggulangi pandemi COVID-19 ini dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Lantamal VIII juga siap melaksanakan operasi pendisiplinan protokol kesehatan dengan bersinergi bersama-sama TNI-Polri yang berada di Manado dan sekitarnya," katanya.

Komandan KRI dan KAL Lantamal VIII tandatangani pakta integritas
Lantamal VIII Manado aksanakan rapid test antigen cegah COVID-19

Pada kesempatan  tersebut Kepala Rumkital Dr. Wahyu Slamet Letkol Laut (K) drg. I Wayan Tapa Yasa,  memberikan penjelasan tentang keberadaan ruangan dan peralatan medis yang dimiliki Rumkital Dr. Wahyu Slamet Bitung.

Adapun fasilitas yang sudah disiapkan antara lain mulai dari tenaga-tenaga vaksinator kemudian fasilitas untuk pemberian vaksin.

Untuk penanganan COVID-19, rumah sakit ini sudah meyiapkan beberapa ruangan untuk pasien positif, sampai tempat untuk isolasi mandiri serta alat untuk pemeriksaan swab PCR yang sudah diterima dari Kementerian Pertahanan.


Danlantamal VIII membagikan masker di TPI Tumumpa cegah COVID-19

ANTARA News Sulawesi Utara - Berita Terkini Sulawesi Utara


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024