Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol RZ Panca Putra meresmikan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Tingkat III Manado, Selasa.

Kapolda Irjen Pol RZ Panca Putra mengatakan dengan diresmikannya Laboratorium PCR ini, akan membantu mendeteksi COVID-19, sehingga dapat diambil langkah-langkah untuk pencegahan dan pengendalian potensi penularan COVID-19.

"Peresmian ini menandakan bahwa RS Bhayangkara Tingkat III Manado memiliki fasilitas pemeriksaan PCR terhadap upaya melacak masyarakat terpapar COVID-19COVID-19," katanya.

Ia mengatakan laboratorium ini juga tidak hanya untuk anggota Polri, namun dibuka juga untuk masyarakat umum.

"Karena ini adalah bagian dari tanggung jawab Polri kepada masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan," katanya.

Setiap hari nantinya, laboratorium ini bisa melayani pemeriksaan PCR hingga 96 sampel, yang memakan waktu 6 jam hingga hasilnya keluar.

Peresmian Laboratorium PCR ini juga, lanjut Kapolda, merupakan salah satu penjabaran Program Prioritas Kapolri dalam 100 hari, yaitu pemantapan dukungan Polri dalam penanganan COVID-19, yang Presisi (Prediktif, Responsibiltas dan Transparansi Berkeadilan).

"Saya berharap personel Polri dan masyarakat umum di Sulut dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan pelayanan RS Bhayangkara di tengah masyarakat demi terciptanya kindisi yang sehat sejahtera," katanya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sulut, didampingi Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr. Freddy Worang J, MARS, Karumkit Bhayangkara Tingkat III Manado AKBP dr. M. Faizal Zulkarnaen, Sp. KF.

Usai penandatangan prasasti, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peninjauan ruangan Laboratorium PCR.

Peresmian ini juga dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, para pejabat utama Polda Sulut, para dokter dan tenaga medis RS Bhayangkara Tingkat III Manado

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024