Parepare, Sulsel (ANTARA News) - Wali Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, H Mohammad Zain Katoe mendapat Piagam Penghargaan Pelopor Inovasi Pelayanan Prima 2009 dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Penghargaan yang diperoleh wali kota pemenang Pilkada langsung Parepare tahun 2008 kali ini berkat prestasinya mempertahankan dan meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat Kota Parepare. Salah satu lembaga yang paling menonjol prestasi pelayanan primanya yakni Kantor Pelayanan Perizinan atau dikenal dengan nama Sintap.

Kepala Kantor Sintap Kota Parepare Harianto, Rabu, mengatakan, sedianya penerimaan penghargaan tersebut dilakukan di Istana Negara, Selasa (22/12) lalu. Namun, Harianto mendapat konfirmasi dari Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (MENPAN) bahwa acara penyerahan piagam penghargaan ditunda.

"Yang jelas SK penghargaan dari Presiden sudah di tangan sejak beberapa hari lalu. Hanya saja memang pelaksanaan penyerahan piagam penghargaannya ditunda," ujarnya.

Dia mengaku meski beberapa hari ke depan ada libur cuti bersama, pihaknya tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak kementerian mengenai jadwal penyerahan tersebut.

Ia berharap penyerahan penghargaan bisa dilakukan tanggal 25 hingga 30 Desember mendatang supaya tidak berbenturan dengan agenda penting wali kota yakni Sidang Paripurna Penetapan APBD Kota Parepare 2010 di Kantor DPRD Kota Parepare yang dijadwalkan tanggal 31 Desember 2009 nanti.

Dari 525 kabupaten/kota dan 33 provinsi di Indonesia yang bersaing untuk memperebutkan penghargaan tersebut hanya tujuh kabupaten/kota/provinsi yang kemudian berhasil memperolehnya, salah satunya adalah Pemkot Parepare.

Bahkan, lanjutnya, dari tujuh kabupaten/kota/provinsi yang memperoleh penghargaan tersebut hanya Parepare satu-satunya yang mendapat penghargaan di Sulawesi Selatan. Namun, Harianto belum bisa merinci daerah-daerah mana saja yang memperoleh penghargaan tersebut selain Parepare.

Kepala Bagian Humas Pemkot Parepare, Iwan Asaad, AP, MSi, menambahkan bahwa penghargaan serupa yang pernah diperoleh Zain Katoe dari Presiden RI yakni Citra Bakti Abdi Negara. Pada penghargaan ini Zain Katoe dalam kapasitas sebagai wali kota dengan manajemen umum pemerintahan.

Sedangkan Kantor Sintap Parepare pernah memperoleh penghargaan Citra Bakti Pelayanan Prima sebanyak dua kali yakni di era pemerintahan Presiden Megawati yaitu tahun 2002 kemudian kembali mendapat penghargaan yang sama di era Presiden SBY yaitu Desember 2006 lalu.

(T.PSO-098/F003)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024