Manado (ANTARA) - Ketua unsur nonpendeta Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH PGI) Olly Dondokambey mengajak gereja ikut berpartisipasi memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Selain tanggung jawab panggilan oikumene yang bersifat diakonia, koinonia, dan marturia, gereja juga dapat berpartisipasi aktif bersama dengan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia," ajak Olly saat mengikuti pembukaan Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI secara virtual di kediamannya di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara, Senin.

Olly yang juga Gubernur Sulawesi Utara itu mengatakan, gereja bersama pemerintah bersinergi mengatasi pandemi COVID-19.

“Gereja menghadapi COVID-19, dan peran bersama pemerintah yang telah berupaya keras dalam mengatasi problem pandemi ini,” katanya.

Gubernur Sulut ke-12 itu menambahkan, gereja terpanggil bersama pemerintah untuk menghadirkan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian di tanah air tercinta.

Olly kemudian memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang telah berkesempatan hadir secara virtual dalam kegiatan ini.

“Atas nama Majelis Pekerja Harian PGI, kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan waktu bapak Presiden untuk hadir secara virtual dan menyampaikan sambutan sekaligus berkenan membuka Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia 2021,” ucapnya.

Olly juga mengajak semua anggota PGI yang hadir secara virtual untuk mensyukuri kasih Tuhan yang boleh memperkenankan kegiatan ini terlaksana walau di tengah pandemi COVID-19.

“Kita juga bersyukur untuk kasih Tuhan yang memungkinkan pimpinan gereja-gereja boleh melaksanakan sidang tahunan,” bebernya.

Sidang MPL-PGI pada tahun ini digelar secara virtual yang mengambil tema spiritual keugaharian yaitu 'Memperkuat Solidaritas Kebangsaan, Mengadaptasi Pola Hidup Baru di Tengah Pandemi'.

Hadir juga secara virtual dalam kegiatan tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024