Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sanhihe Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar segera memperbaiki jalan yang rusak akibat diterjang ombak.

"Kami sudah perintahkan Dinas PUPR agar segera memperbaiki semua kerusakan yang ada di jalan pantai Tahuna akibat diterjang ombak pada Minggu malam," kata Jabes Gaghana di Tahuna, Senin.

Menurut Bupati, saat meninjau jalur jalan pantai di kota Tahuna, akibat hantaman ombak, jalan pantai dari Tidore sampai Apengsembeka telah terjadi kerusakan di beberapa titik.

"Jalur ini merupakan jalan alternatif bagi masyarakat sehingga kerusakan akibat ombak harus segera diperbaiki," kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan masyarakat agar berhati-hati bila menggunakan jalan pantai Tahuna.

"Kami mengingatkan masyarakat agar berhati-hati saat melintas di jalan pantai kota Tahuna karena ada beberapa titik yang rusak," kata dia.

Dengan kondisi alam saat ini, Bupati juga meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari bencana.

"Masyarakat di pesisir pantai dan daerah aliran sungai serta di lereng bukit agar tetap meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari bencana sebab cuaca saat ini masih belum normal," kata Bupati.

Semua pejabat dari kabupaten sampai kampung dan kelurahan agar tetap waspada dan selalu meninjau dan mengingatkan masyarakat di lokasi yang rawan bencana.

"Segera ambil langka antisipasi ketika cuaca tidak lagi bersahabat dengan cara mengungsikan ke tempat yang lebih aman," kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024