Minahasa Tenggara (ANTARA) - Penjabat sementara Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni mengajak warga yang memiliki hak pilih di daerah itu untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

"Kami mengajak warga untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 dengan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS)," kata Agus Fatoni saat berkunjung di Kabupaten Minahasa Tenggara, Kamis.

Ia mengatakan, suksesnya pelaksanaan Pilkada di Sulawesi Utara jika masyarakat turut berpartisipasi dalam proses politik pemilihan tersebut.

"Sukses Pilkada di Sulawesi Utara ini menjadi tanggung jawab semua pihak. Sehingga keterlibatan masyarakat yang memiliki hak pilih akan sangat penting," kata dia.

Pjs Gubernur yang juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu meminta peran ASN agar aktif menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Mari kita ajak masyarakat dan keluarga yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS sesuai waktu yang sudah ditentukan menggunakan haknya guna memilih pemimpin yang terbaik," katanya.

Pelaksanaan pilkada di masa pandemi COVID-19, kata Agus Fatoni, harus menjadi perhatian serius dari semua pihak yang terlibat.

"Selain sukses penyelenggaraan, juga harus sukses dalam penerapan protokol kesehatan, sehingga menjadi pilkada yang sehat," kata dia.

Dia menambahkan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Minahasa Tenggara dipastikan menjamin semua masyarakat tidak terjangkit oleh COVID-19.

"Sekalipun KPU sudah menjamin tempat pemungutan suara aman bagi para pemilih. Namun menjadi tanggung jawab bersama untuk mematuhi protokol kesehatan saat melakukan pencoblosan di TPS," kata dia.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024