Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane, melaksanakan bakti sosial di berbagai bidang seperti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dalam memperingati Hari Armada 2020.

Komandan Lanal (Danlanal) Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, melalui keterangan tertulis, Selasa, mengatakan pada kegiatan ini, pihaknya mencoba merangkul sejumlah instansi terkait untuk bersama-sama secara sinergi memberikan perhatian kepada masyarakat yang tinggal di Pulau Miangas yang merupakan pulau kecil terluar dan jauh di perbatasan Utara NKRI.

"Berharap bahwa ke depannya akan semakin banyak instansi/pihak yang terlibat untuk memberikan sumbangsih membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dialami oleh saudara sebangsa setanah air yang jauh di perbatasan tersebut,' katanya.

Ia mengatakan semakin banyak pihak yang terlibat, bertambah banyak bidang/profesi yang diturunkan, semakin besar program kegiatan yang dilaksanakan, maka akan bertambah besar pula dampak positifnya bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat Miangas.

Bakti sosial pemeriksaan kesehatan serta pengobatan, pemberian vitamin secara gratis kepada masyarakat oleh Tim Kesehatan Balai Pengobatan Lanal Melonguane.

Melakukan penyuluhan pertanian tentang bagaimana bercocok tanam yang baik dengan berbagai metode pertanian seperti cara menyemai, menanam bibit, merawat tanaman, pemupukan, pengendalian hama, oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Talaud beserta mitra yakni perwakilan staf PT Pupuk Kaltim dan PT East West Seed Indonesia selaku produsen bibit tanaman hidroponik Cap Panah Merah.

Serta pembagian sayuran hidroponik hasil panen dari instalasi hidroponik Mako Lanal Melonguane kepada seluruh masyarakat Pulau Mingas yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di depan Posal Miangas.

Karena terbatasnya angkutan laut dan udara menuju Pulau Mingas, dan untuk melaksanakan bakti sosial yang berjarak cukup jauh dari Mako Lanal Melonguane, maka mengerahkan KAL Pulau Karakelang II-VIII-30 untuk mengangkut personel tim bakti sosial, logistik dan berbagai peralatan.

Selain Danlanal, bakti sosial itu juga dihadiri Lentina Adi Sucipto selaku Ketua Cabang 7 Korcab VIII DJA II Jalasenastri Lanal Melonguane beserta prajurit Lanal Melonguane dan beberapa perwakilan intansi terkait seperti Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud , penyuluh pertanian dari BUMN dan swasta

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024