Manado (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB), George IMP Manurung mengatakan sebanyak 170.251 kendaraan melintasi tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, sejak dioperasikan pada akhir September.

"PT JMB, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola jalan tol Manado-Bitung telah mencatat sekitar 170.251 kendaraan terhitung tiga minggu atau 21 hari sejak diresmikan Presiden Jokowi," sebut Manurung di Manado, Rabu.

PT Jasamarga Manado Bitung baru mengoperasikan ruas tol Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer, dari keseluruhan panjang bentangan 40 kilometer.

Sejak jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini dibuka untuk umum, pengguna belum dipungut tarif sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat.

“Perhitungan tersebut merupakan volume kendaraan selama tiga minggu yang keluar melalui empat Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan dan GT Danowudu," ujarnya.

Kendaraan golongan I mendominasi total volume kendaraan yang melintas di jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu, yaitu sekitar 68 persen dari total seluruh kendaraan.

George menambahkan, dengan adanya data lalu lintas kendaraan yang didapatkan selama 21 hari terakhir tersebut, Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 8.107 kendaraan.

LHR tertinggi tercatat di hari Sabtu (10/10), yakni sebanyak 10.571 kendaraan.

“LHR Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu ini cenderung masih di bawah target dari PT JMB. Hal ini dimaklumi karena di Sulawesi Utara sendiri program-program pencegahan penularan COVID-19 di antaranya untuk mengurangi bepergian keluar rumah masih digaungkan oleh pemerintah daerah,” jelas George.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024