Tomohon (ANTARA) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman berharap kelembagaan koperasi terus melakukan  berbagai inovasi di saat pandemi COVID-19.

"Situasi pandemi saat ini hendaknya  menjadi momentum menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis,"kata  Wali Kota Jimmy di Tomohon, Selasa.

Dunia usaha terutama koperasi dan usaha kecil menengah mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran, dan pembiayaan.

"Tantangan baru yang dihadapi dunia perkoperasian, tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk," ujarnya.

Upaya lainnya untuk memperkuat kelembagaan koperasi adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan sebagai salah satu prinsip koperasi.

Pendidikan dan pelatihan akan meningkatkan kemampuan, memperluas wawasan pengurus, pengawas dan anggota koperasi/KUD, serya memperkuat solidaritas dalam mewujudkan tujuan koperasi.

Karena itu dia berharap pelatihan manajemen pengelolaan koperasi akan memampukan pengurus, pengawas dan anggota dalam membuat perencanaan, menata dan melaksanakan, mengontrol atau mengendalikan organisasi, usaha maupun keuangan.

Penguatan kelembagaan koperasi dalam fungsi manajemen sejalan dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian, katanya.

 


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024