Manado (ANTARA) - Jaringan toko swalayan Alfamidi, turut berpartisipasi  membantu masyarakat Sulawesi Utara(Sulut) untuk mengakses jalan tol Manado-Bitung, dengan menyiapkan kartu uang elektronik.

"Uang elektronik ini  digunakan untuk   menggunakan jalan tol pertama di Sulut tersebut," kata Manajer Cabang Alfamidi Manado Deni Firmanto, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, Alfamidi terus berupaya memenuhi kebutuhan pelanggan yang cukup tinggi. 

“Kami menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin menggunakan jalan Tol Manado-Bitung. Jadi setiap toko kami sudah menjual kartu uang elektronik,” papar Deni.

Saat ini, kata dia, kartu uang elektronik yang tersedia antara lain, kartu Flazz dari BCA dengan harga Rp27.500, kartu e-Money dari Bank Mandiri dengan harga Rp25.000, serta kartu Brizzi dari BRI dengan harga Rp20.000.  

Lanjut Deni, setiap kartu yang dibeli sudah bisa langsung digunakan. Untuk menambah saldo pelanggan juga bisa melakukan top up di setiap Toko Alfamidi. Untuk biaya admin top up hanya Rp2.500. 

“Untuk beli kartu uang elektronik cukup datang ke toko dan tanyakan ke petugas kasir, petugas kasir akan menawarkan kartu uang elektronik yang tersedia,” ujarnya.

Bagi pelanggan yang mau top up uang elektronik, caranya mudah yakni pelanggan cukup mengunjungi Toko Alfamidi terdekat, kemudian ke meja kasir dan serahkan kartu uang elektronik. Pelanggan bisa mengisi sesuai nominal yang diinginkan. Petugas kasir akan mengisi kartu uang elektronik menggunakan mesin EDC yang tersedia. Setelah berhasil tinggal dibayar dengan uang tunai sesuai nominal pengisian saldo.

“Pastikan kartu uang elektronik cukup supaya tidak ada hambatan ketika lewat jalan tol. Jangan lupa top up kartu elektroniknya di Toko Alfamidi terdekat ya,” tuturnya.

Hal ini juga bagian dari cara Alfamidi mendukung program Bank Indonesia (BI) yakni Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), karena memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Adapun tarif jalan Tol Manado-Bitung untuk golongan satu sekira Rp1.100 per KM. Sebelumnya Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26.35 KM dari panjang total sekira 40 KM. 


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024