Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggandeng Universitas Negeri Manado (Unima) guna meningkatkan kualitas pembangunan di daerah tersebut.

Pjs Bupati Miahasa Utara Clay Dondokambey di Minahasa Utara, Kamis, mengatakan pemerintah butuh peran akademisi dalam menentukan arah kebijakan serta sosialisasi edukasi kepada masyarakat.

"Sehingga Pemkab Minahasa bersama Unima melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU/nota kesepahaman) dan penandatanganan nota perjanjian Memorandum of Agreement (MoA/nota kesepakatan), sehingga harapan pemerintah bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Clay.

Kerja sama ini, katanya, membuka kesempatan Unima memberikan sumbang saran, sumbang pikiran bahkan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten dalam melaksanakan program kerja pada tahun-tahun mendatang.

Pihaknya berharap, sampai dengan lima tahun ke depan, mau menyumbangkan saran dan kajian termasuk pendampingan dan pengabdian kepada masyarakat Minahasa Utara.

"Apalagi kita tahu Minahasa Utara daerah yang sangat berkembang dengan segala potensi,” ujar Clay Dondokambey.

Rektor Unima Prof Dr Deitje Katuuk menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemkab Minahasa Utara yang sudah bersedia untuk menjalin kerja sama dan sudah melaksanakan penandatanganan MoU dan MoA.

Sebagai akademisi, pihaknya akan menerapkan tridharma perguruan tinggi baik pendidikan, pengajaran, dalam penilitian, dan pengabdi masyarakat.

"Kami juga sangat berterima kasih karena kami diberi wadah untuk memberi pemikiran, melakukan riset bahkan juga implementasi dalam pengabdian kepada masyarakat,” kata Katuuk.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024