Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII menggelar Latihan Dalam Dinas (LDD) Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam meningkatkan kemampuan personel, di Manado, Jumat.

Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Endra Suliatiyono mengatakan, LDD P3K yang dilaksanakan ini merupakan wujud dari upaya untuk membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan dan peningkatan sumber daya manusia.

"Tujuannya untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada prajurit Lantamal VIII," katanya.

Ia mengatakan seiring meningkatnya kemajuan zaman, tingkat kecelakaan semakin tinggi, untuk itu setiap prajurit perlu mempersiapkan diri jika kecelakaan terjadi.

"Kita harus mengetahui cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan," katanya.
Ia menambahkan kegiatan ini merupakan bagian dari program peningkatan profesionalisme matra laut yang harus dilaksanakan setiap saat dan sepanjang tahun secara bertingkat dan berlanjut walaupun sifatnya klasikal.

Kepada penyelenggara latihan agar seluruh rangkaian pelaksanaan latihan dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yang benar, jangan abaikan sasaran latihan dan metode latihan.

"Peserta LDD P3K untuk benar-benar memahami dengan baik secara profesional serta berharap agar peserta latihan yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil latihan, mampu menjalin kerja sama sesama peserta latihan, para pelatih dan narasumber," katanya.

Kegiatan LDD P3K yang dilaksanakan di  Markas Komando Lantamal VII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado, ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta oleh Wakil Komandan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Endra Suliatiyono. 

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024