Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengajak masyarakat menggiatkan kembali gerakan berkebun untuk menjaga ketahanan pangan di saat pandemi COVID-19.

"Pembangunan sektor pertanian dan perkebunan menjadi salah satu prioritas utama pemerintah melalui berbagai program dan kebijakan," ujar Gubernur Olly saat menghadiri gerakan tanam kentang sekaligus penyerahan bantuan pertanian kepada petani di Desa Pinasungkulan, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu.

Pembangunan di kedua sektor tersebut guna mempertahankan dan memperkuat perekonomian daerah di tengah pandemi COVID-19, katanya.

"Kami fokus menjaga ketahanan pangan daerah di tengah pandemi ini," katanya.

Memperkuat sektor tersebut, Gubernur mencanangkan gerakan percepatan olah tanah, pemanfaatan lahan terlantar dan penanaman tanaman pangan.

“Sejak mulai adanya COVID-19 ini saya mengajak seluruh masyarakat kembali berkebun, mengolah lahan-lahan tidur yang ada,” kata Gubernur Olly.

Gubernur Sulut ke- 13 itu usai menanam kentang, berencana membangun jalan di kawasan Modoinding sehingga memiliki nilai tambah sebagai destinasi wisata di kabupaten tersebut.

“Nanti di sini torang mo beking (kami akan buat) jalan hotmix, torang beking (kami buat) di sini jalan lingkar ini. Bulan depan torang so mulai beking (kami akan mulai membuatnya) supaya boleh jadi taman wisata,” katanya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024