Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Lapangan Kantor Gubernur, Senin (17/8/2020). Komandan upacara dipercayakan kepada Letkol Inf Slamet Raharjo, kala itu.

“Mudah-mudahan tahun depan COVID-19 sudah berakhir. Tak mungkin lagi kita memakai masker dalam menggelar upacara HUT RI. Ini hal yang khusus tahun ini untuk kita dalam melaksanakan upacara 17 Agustus,” kata Olly. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (1)
Usai menggelar upacara, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, Forkopimda dan jajaran terkait mengikuti detik-detik kemerdekaan secara virtual.

Semua peserta upacara tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan massa untuk memutuskan mata rantai Covid-19.
  Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mengikuti detik-detik proklamasi (1)
Selama ini, peringatan upacara dilaksanakan serentak di setiap daerah. Tapi karena sedang dilanda COVID-19, setiap daerah hanya mengikuti upacara yang berlangsung di Istana Merdeka, secara virtual.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey tampak mengenakan pakaian adat Minahasa, bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw saat mengikuti acara tersebut. 

Tepat pukul 17.00 Wita, dilaksanakan upacara penurunan bendera. Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengambil tempat sebagai Inspektur Upacara (Irup) sedangkan komandan upacara adalah Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi.
  Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama istri dr Devy Kandouw-Tanos, MARS mengikuti upacara penurunan bendera (1)
Adapun Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas dalam upacara penurunan bendera yaitu, pembentang bendera Andre Alfa Kandou dari SMA 2 Ratahan, pengerek Algufransyah Dede dari MA Negeri 1 Kotamobagu dan pembawa bendera Salsabilla Maheswari Putri dari SMA Negeri 1 Manado.

  Gubernur Olly Domndokambey bersama istri Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan melihat-lihat sejumlah lukisan usai upacara penurunan bendera. (1) Menariknya, usai upacara, Gubernur Olly bersama Ketua TP PKK Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menyempatkan diri melihat sejumlah lukisan yang dipamerkan di lobi Kantor Gubernur.

Upacara penurunan bendera HUT ke-75  RI turut diikuti jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Wakil Ketua TP-PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.***adv***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024