Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa, Royke Oktavian Roring mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020, mendorong kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Karena itu, pemerintah daerah memberikan apresiasi dan salut kepada TNI yang sudah memprogramkan kegiatan tersebut di Kabupaten Minahasa," kata Bupati Royke usai menutup kegiatan yang digelar di wilayah Komando Distrik (Kodim) 1302 Minahasa tepatnya di Desa Tempang Tiga Kecamatan Langowan Utara, Jumat.

"Kegiatan baik fisik maupun non fisik sangat membantu masyarakat," kata Roring,

Bupati Minahasa meyakini kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan baik fisik maupun non-fisik pada TMMD tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Tempang Tiga dan Desa Totolan Kecamatan Kakas Barat yang memang adalah wilayah pertanian. 

"Kami Pemkab Minahasa akan memprogramkan kegiatan lanjutan sehingga apa yang sudah dikerjakan selama satu bulan ini oleh TNI bersama personil Polri, Pemkab Minahasa dan masyarakat dapat dipelihara," katanya.

Komandan Kodim (Dandim) 1302 Minahasa yang juga Dan Satgas TMMD ke-108 Tahun 2020, Letkol Inf Slamet Raharjo, melaporkan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan yakni bidang fisik berupa perintisan dan pengerasan jalan antara Desa Totolan dan Tempang Tiga sepanjang 1.750 meter dan lebar lima meter.

Juga, rehab jembatan penghubung Totolan-Tempang Tiga sepanjang 12 meter, dua buah plat duicker sepanjang enam meter, perintisan jalan perkebunan sepanjang 700 meter di Totolan, dua buah pos kamling dan jambanisasi utk masyarakat kurang. 

Sementara untuk kegiatan non-fisik berupa pembagian sembako bagi warga yang terdampak Covid-19 serta penyuluhan dengan melibatkan 150 personil dari TNI, Polri, Pemda dan masyarakat.

Pada kesempatan itu Bupati Roring dan Ketua TP-PKK, Fenny Roring-Lumanauw, bersama Dandim dan Kajari Minahasa, Rahmat Budiman Taufani, Waka Polres, Kompol Ahmad Sutrisno serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tondano, Agnes Puji Hastuti menyerahkan penghargaan kepada masyarakat yang menghibahkan tanah mereka untuk pekerjaan dalam TMMD ini serta jaminan kematian program Korpri dengan BPJS Ketenagakerjaan dan bantuan sembako.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024