Manado (ANTARA) - Wakil Wali Kota(Wawali) Bitung, Sulawesi Utara(Sulut)  Maurits Mantiri mengharapkan proses belajar mengajar (PBM) sekolah di daerah itu mampu beradaptasi di tengah pademi COVID-19.

"Saat ini adalah masa transisi dunia pendidikan sehingga penyesuaian PBM dengan cara pendidikan jarak jauh (PPJ) baik daring maupun luring, sehingga  mau tidak mau guru, orang tua dan siswa harus terbiasa," kata Mantiri, di Bitung, Senin.

Dia mengatakan pihaknya optimistis tenaga pengajar, orang tua dan siswa mampu melewati masa transisi pendidikan ini dengan menyesuaikan atau beradaptasi dengan sistem belajar PPJ.
 
Mengajar secara daring kekuatannya dan kunci ada pada tenaga pengajar yang harus mempersiapkan bahan ajar agar siswa yang berada di rumah mampu menyerap dengan baik.

Dia mengatakan metode pengajar harus ada keseimbangan antara guru dan orang tua agar masa transisi ini pihak sekolah sementara mempersiapkan formula-formula ajar untuk bisa kita serap bersama.

Ia juga mengatakan, konsep PPJ masih butuh penyesuaian layaknya ketika pertama kali mengoperasikan media sosial yang lama kelamanan akan terbiasa.

Untuk itu, katanya, dibutuhkan kolaborasi antara guru dan orang tua agar konsep PPJ ini bisa berjalan dengan baik. 

"Silahkan sampaikan masukan ke pihak sekolah agar konsep ini benar-benar berjalan maksimal,” katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024