Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung tetap optimistis dapat menggelar tahapan-tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di tengah pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

"Kami akan melakukan tahapan Pilkada serentak 2020, dengan penerapan protokol kesehatan ketat," kata Ketua KPU Kota Bitung, Deslie Sumampouw, di Bitung, Sabtu.

Sehingga, katanya, sosialisasi PKPU Nomor 05 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas PKPI Nomor 15 tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 terus dilakukan dengan menggunakan standar protokol kesehatan pencegahan COVID-19

“Sosialisasi ini dalam rangka pemilihan kepala daerah serentak lanjutan tahun 2020 setelah dinonaktifkan akibat wabah COVID-19,” kata Deslie.

Selain sosialisasi kata Deslie, pihaknya juga telah kembali mengaktifkan serta melantik perangkat penyelenggara Pilkada serentak dan sementara memberikan bimbingan teknis kepada PPDB yang nantinya akan melakukan pemutakhiran data.

“Kami pastikan, petugas yang turun ke masyarakat sehat dan sudah melewati pengecekan kesehatan serta dilengkapi APD. Juga mereka sudah menguasai aturan dan akan menjalankan protap kesehatan pencegahan COVID-19,” katanya.

Harapannya, apa yang disampaikan dalam sosialisasi bisa sampai atau diteruskan ke tengah masyarakat, terutama tahapan demi tahapan Pilkada serentak hingga ke hari H pencoblosan tanggal 9 Desember 2020.

“Intinya, kami ingin menyampaikan ke masyarakat bahwa KPU Kota Bitung sangat siap melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada dengan standar protap COVID-19,” katanya.

Pengumuman pendaftaran pasangan calon tanggal 28 Agustus hingga 03 September, pendaftaran pasangan calon tanggal 04-08 September dan penetapan pasangan calon tanggal 23 September 2020,” katanya.

Setelah penetapan pasangan calon tanggal 23 September, petahana diwajibkan untuk cuti sesuai dengan apa yang diamanatkan PKPU Nomor 05 Tahun 2020.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024