Manado (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) bersinergi dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)  guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam memasuki normal baru.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Leo Basuki, di Manado, Jumat, mengatakan ditengah pademi COVID 19, PLN tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan di lapangan.

“Peningkatan pelayanan kelistrikan sangat membutuhkan peran serta dari masyarakat," katanya. 

Dia mengakui, pihaknya mengalami keterbatasan sumber daya untuk menjangkau hingga ke daerah pelosok. 

"Kita masih sulit menjangkau ke semua lokasi masyarakat sehingga melalui layanan satu pintu untuk melayani pelanggan yang disiapkan PLN saat ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, dan layanan tersebut mampu menjawab berbagai keluhan masyarakat terkait kelistrikan karena pelanggan semakin dipermudah dengan akses informasi dan urusan kelistrikan lainnya,” ujar Leo.

Fintje Lumembang selaku Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan menambahkan kebijakan social distancing akibat pandemi virus corona membuat hampir seluruh masyarakat beraktivitas dari rumah. Sehingga, penggunaan listrik bertambah.

Di sisi lain, petugas PLN tidak secara penuh bisa mendatangi rumah konsumen untuk melakukan input data pemakaian konsumen. Selain itu konsumen juga tidak mengirimkan foto posisi akhir stand kWh meter via whatsapp. 

Hal ini yang kemudian membuat PLN menggunakan pemakaian rata-rata tiga bulan terakhir, sehingga ada istilah kWH tertagih, dan akan disesuaikan dengan pemakaian sebenarnya sesuai yang tertera pada kwh meter pelanggan.

Harapan dari Manajemen PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo hubungan yang sudah terjalin  dengan baik selama ini antara PLN dan pihak YLKI tetap terjaga dan jika ada yang perlu diselesaikan kita koordinasikan bersama-sama dengan baik, sehingga manfaatnya tepat  sasaran.

Ketua YLKI Provinsi Sulut Aldi Lumengkewas mengatakan YLKI menerima keluhan dari konsumen yaitu pertama tentang pemadaman walaupun dia mengapresiasi dengan kondisi pandemi sekalipun pihak PLN sudah menunjukan kinerja maksimal dengan berkurangnya pemadaman di Sulut.
Kedua terkait masalah pembayaran rekening listrik dan terkait kWh meter bermasalah, dan setiap pengaduan pelanggan yang masuk di YLKI, langsung dikoordinasi ke Unit UP3 dan ULP untuk ditindaklanjuti.

Selanjutnya, Senior Manager SDM dan Umum, Galih Chrissetyo, Ketua YLKI Sulut mendapatkan sharing informasi tentang NEW PLN Mobile yang memberikan solusi kemudahan kepada masyarakat yaitu PLN membuka Layanan Satu Pintu. 

Pelanggan dapat kemudahan menikmati listrik dan tidak harus repot datang ke kantor PLN, cukup menggunakan layanan contact center 123, PLN mobile atau website PLN. 

PLN Mobile yang PLN sediakan untuk kemudahan pelanggan dalam berhubungan dengan PLN. 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024