Sulut, Tahuna (ANTARA) - Gugus tugas tim terpadu satuan tugas angkutan darat Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di kendaraan umum yang ada di Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Penyemprotan cairan disinfektan di kendaraan umum sebagai langka pencegahan COVID-19 di fasilitas umum," kata Serka Kakinsale, anggota Danramil Tahuna, yang merupakan salah satu anggota tim terpadu gugus tugas, di Tahuna, Jumat. 

Dia mengatakan, saat ini, kasus positif COVID-19 di Sangihe bertambah satu menjadi tujuh orang, karena itu fasilitas umum seperti kendaraan umum, menjadi sasaran untuk disterilisasi. 

"Banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum sehingga harus disemprot cairan disinfektan," kata dia.

Selain angkutan kota, penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan untuk kendaraan roda dua yang digunakan sebagai angkutan ojek di pangkalan ojek pasar Towo'e Tahuna.

Tim terpadu angkutan darat juga melakukan imbauan kepada masyarakat yang berada di pasar Towo'e. agar mematuhi anjuran protokol kesehatan pemerintah di erah pandemi ini.

Protokol kesehatan harus dipatuhi ketika berada di luar rumah seperti rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan dilakukan pengukuran suhu tubuh, setelah berpergian ganti pakaian dan mandi, banyak makan buah dan sayur, banyak minum air putih, tidak meludah di sembarang tempat serta menerapkan pola hidup sehat.

"Pola hidup sehat serta mematuhi protokol kesehatan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah penyebaran COVID-19," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024