Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kodim 1301 Sangihe  menggelar latihan teknis teritorial bagi  Danramil dan Babinsa guna memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis prajurit komando kewilayahan dalam mendukung pelaksanaan tugas.

Latihan teknis teritorial tahun 2020 yang digelar di Makodim Sangihe di Tahuna, Sulawesi Utara, Senin, dipimpin Dandim Letkol Inf Rachmat Christanto,
diikuti seluruh personel Babinsa serta Danramil di jajaran Kodim 1301 Sangihe.

Dandim Letkol Inf Rachmat Christanto mengatakan, kegiatan latihan teritorial dilaksanakan selama lima hari dari 6 -  10 Juli 2020.

"Kegiatan ini sebenarnya harus dilaksanakan pada bulan April 2020 lalu, tapi karena terkendala dengan situasi dan kondisi penanganan pandemi COVID-19, sehingga ditunda pelaksanaannya, dan nanti dilaksanakan saat ini," kata Dandim.

Menurut Dandim, Pembinaan Teritorial (Binter) merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan berguna untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan negara.

"Tujuan latihan teknis teritorial ini adalah untuk memelihara kemampuan dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan teknis satuan
kewilayahan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan baik," kata Dandim.

Selaku aparat kewilayahan, kata dia, TNI Angkatan Darat harus memiliki kemampuan yang dapat diandalkan, seperti lima kemampuan teritorial, sikap teritorial, metode Binter yang menjadi pedoman bagi para Babinsa dan aparat teritorial, serta memiliki kemampuan perorangan yang meliputi kemampuan temu cepat dan lapor cepat, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat di sekitarnya, kemampuan meningkatkan kesadaran bela negara kepada masyarakat dan kemampuan penguasaan medan.

Dandim menekankan kepada seluruh anggotanya agar betul-betul memahami kegiatan ini, guna menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab di wilayah.

Kepada penyelenggara diminta melaksanakan pengawasan selama latihan, agar tujuan dari latihan ini dapat betul-betul terserap oleh seluruh anggota Kodim 1301 Sangihe.

"Awasi dengan baik seluruh pelaksanaan kegiatan agar tujuan yang dicapai bisa maksimal serta tetap menjaga keamanan dan kesehatan selama latihan," kata Dandim.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024